Sunday, June 12, 2011

Babak Kualifikasi Bola Basket Putra Putri Jabar Lolos ke PON XVIII/2012 Riau

SEMARANG, (PRLM).- Tim basket putra dan putri Jawa Barat akhirnya lolos ke PON XVIII/2012 Riau, setelah di semi final babak kualifikasi PON XVIII/2012 Riau, mengalahkan Banten dan Sulawesi Selatan, di GOR Sahabat Semarang, Sabtu (11/6).
Tim putra Jabar kembali memetik kemenangan setelah mengalahkan Banten dengan skor telak 79-31, sedangkan tim putri mampu mengalahkan Sulawesi Selatan 104-31. Kemenangan pada semi final ini sekaligus meloloskan tim putra dan putri ke PON XVIII/2012 Riau.
Bagi tim putri kemenangan keempat ini mengokohkan diri pada posisi runner up sementara, kalah tipis dari tim putri jateng yang memiliki poin sama tapi lebih produktif dalam mengoleksi poin.
Jalannya permainan putra Jabar melawan Banten berjalan cukup seru. Di kuarter pertama, konsentrasi tim jabar kelihatan sedikit kurang dibandingkan pertandingan-pertandingan sebelumnya sehingga memaksa pelatih Jabar Ricky melakukan tim out. Hal tersebut terbukti efektif dengan pulihnya konsentrasi pemain-pemain Jabar hingga menit ketujuh skor menjadi 12 – 4 untuk jabar. Dominasi itu terus berlanjut dan skor akhir kuarter satu 19 – 8.
Dominasi tim Jabar kembali terjadi di kuarter dua, tercatat sampai menit ketiga tim Jabar dapat mengoleksi tambahan 10 poin sedangkan tim Banten hanya menambah 1 poin. Hingga kuarter dua usai putra Jabar memimpin 40 – 21. Tim putra Jabar semakin mendominasi jalannya permainan di kuarter tiga. Kerja sama Kaleb, Raymond, dan Teddy akhirnya membawa Jawa Barat unggul dengan skor telak 59 – 25.
Di kuarter empat Jabar kian tidak terkejar oleh Banten. Tampil tenang, menjadi salah satu kekuatan bagi tim putra Jabar yang menutup kemenangan dengan skor akhir 79 – 31.
Selain memastikan diri maju ke PON XVIII/2012 Riau, putra Jabar juga akan berarung di final melawan juara aatara Kalteng vs Sulsel untuk memperebutkan gelar juara babak kualifikasi.
Pada pertandingan putri yang mempertemukan tim Jabar dengan Sulsel tim jabar tampil dominan dan menguasai jalannya pertandingan disetiap quarter, quarter satu skor 25 – 9, quarter dua skor 47 – 13, quarter tiga skor 72 – 18, dan kuarter empat skor akhir 104 – 31.
Ketua Umum Pengda Perbasi Jabar, Robby Suganda, mengaku puas dengan hasil yang diraih oleh tim basket Jabar pada babak kualifikasi ini. Dia menambahkan babak kualifikasi ini merupakan tolok ukur, calon lawan yang nanti akan bertemu kembali pada PON XVIII/2012 di Riau. “kami tidak mau kalah dan diinstruksikan kepada pelatih baik tim putra maupun putri untuk dapat memenangkan pertandingan, karena akan mempengaruhi mental pemain ketika bertemu kembali di Riau,” ujarnya. (A-193/A-147)***

No comments:

Post a Comment